Pemkab Malinau Menggelontorkan Dana 5 M untuk Program Desa Sarjana

http://KitaTeropong.com, MALINAU – Pada Tahun Anggaran (TA) 2022 ini, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Malinau, Kalimantan Utara (Kaltaramenggelontorkan dana 5 miliar yang disisihkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 untuk Program Desa Sarjana.

Program unggulan Pemkab Malinau tersebut dipastikan akan berlanjut pada tahun ini setelah sebelumnya telah dilaksanakan pertama kali pada tahun 2021 lalu dengan menyerap dan 1 miliar untuk Program Desa Sarjana.

Tahun lalu, kita telah melaksanakan Program Desa Sarjana melalui APBD perubahan. Tahun ini, anggaran yang kita siapkan untuk program ini adalah 5 miliar melalui APBD Murni 2022,” kata Bupati Malinau Wempi W Mawa.

Bupati Wempi mengatakan, anggaran tahun ini ditambah khusus agar 109 desa seluruh Kabupaten Malinau mendapatkan kesempatan.

Selain Program Desa Sarjana, juga dibahas dalam rapat evaluasi bersama tim pelaksana program terkait kemudahan pendaftaran. Hasil evaluasi tahun lalu, ditemukan banyak keluhan pendaftar mengenai syarat yang memberatkan.

Ini menjadi evaluasi. Saya minta supaya persyaratan seperti SKCK, Surat bebas narkoba dan syarat lain itu diakhir sajaketika mereka dinyatakan lulus. Bahkan, nanti sebisa mungkin, kelengkapan ini kita rinci supaya bisa ditanggung oleh pemerintah,” kata Wempi

Program Desa Sarjana merupakan salah satu dari 5 program inovatif di masa pemerintahan Bupati Wempi dan Wakilnya Jakaria periode 2021-2024.

Ada 5 program unggulan Pemkab Malinau, yakni Desa Sarjana, RT Bersih, Rasda Plus, Milenial Mandiri dan Wajib Belajar Malinau Maju.***

 

Repoter : WA Pradana

Editor: Suryo

About teropong

Check Also

Wabup Jakaria Berharap, Lomba Ketinting Jadi Agenda Rutin di Malinau

Kitateropong.com, MALINAU – Wakil Bupati Malinau Jakaria berharap, event perlombaan perahu ketinting bisa menjadi agenda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *