Bupati Wempi, Keterampilan Menjahit dan Payet Busana Dibutuhkan

kitateropong.com, MALINAU Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawamengatakan, bahwa keterampilan menjahit dan payet busanapasti sangat dibutuhkan, baik dalam kehidupan sehari-harimaupun dalam upaya pengembangan sektor pariwisata.

Hal itu dikatakannya di areal pelatihan Kantor PKK Malinau.Jasa menjahit ini pasarnya sangat tersedia. Apalagi wargamembutuhkan jahitan atau pakaian khas adat yang berkualitasdan bermutu,” kata Bupati dalam Program 100 Hari KerjaBupati dan Wakil Bupati Malinau Jakaria, Jumat (10/9/2021).

Tidak hanya itu, tambah Bupati Wempi, jika hampir dalamsetiap upacara adat menggunakan pakaian bermotif batik atauadat daerah.

Menurutnya, pasti kedepan akan banyak peminatnya. Karena itu, melalui pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan parapenjahit atau perancangan busana yang siap dan mandiri dalamdunia kewirausahaan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan danKesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Malinau NyMaylenty Wempi, akan terus memantau perkembangan parapeserta pelatihan ini kedepan.

Dia berharap, setelah pelatihan, para peserta dapat segeramengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan. Selainmeningkatkan kompetensi, para peserta juga bisa meningkatkanpendapatan dalam berwirausaha lewat program pelatihan ini.Intinya, bisa mandiri,” tuturnya.

Maylenty Wempi menambahkan, pada pelaksanaannya pesertayang telah mengikuti program pelatihan keterampilan selama 10 hari berjalan dengan baik. Hari ini para peserta sudahmenampilkan hasil karya dari pelatihan yang mereka ikuti.

Peserta pelatihan yang berjumlah 40 orang tersebut terbagimenjadi 2 kelompok, yakni 20 peserta pelatihan menjahit dan 20 peserta pelatihan payet busana. Mereka adalah IbuRumahTangga (IRT) yang bermukim di wilayah KabupatenMalinau.***

 

Reporter : Selamat AL.                                               Editor : Suryo

About www.kitateropong.com

Check Also

LKPj Pansus DPRD ke Gubernur, Diknas Kaltara Masih Bermasalah

Kitateropong.com, Tanjung Selor – Rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terhadap Laporan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *